Resep Bebek Goreng Gurih dan Empuk

Bebek goreng menjadi favorit banyak masyarakat Indonesia. Namun, tidak semua bisa memasaknya dengan sempurna. Padahal bebek goreng yang nikmat adalah yang empuk dan gurih. Berikut ini adalah resep membuatnya:

 

Bahan Membuat Bebek Goreng:

1 ekor bebek yang masih muda, bersihkan, potong sesuai selera
1 buah jeruk nipis, peras airnya
2 batang serai , memarkan pada pangkal akarnya
2 cm lengkuas, memarkan
5 lembar daun jeruk purut
1 sdm gula
Minyak goreng secukupnya

Bumbu yang dihaluskan:

7 butir bawang merah
5 siung bawang putih
5 cm lengkuas muda, parut
3 butir kemiri
3 sendok teh ketumbar, sangria, haluskan
3 cm kunyit
3 cm jahe
2 sendok teh garam
1 batang serai diambil bagian putihnya lalu diiris halus
1 sendok teh merica biji

 

Cara Membuat Bebek Goreng:

1. Lumuri potongan bebek dengan air perasan jeruk nipis hingga merata untuk menghilangkan bau amis. Setelah merata, tutup rapat bebek tersebut dan masukkan dalam kulkas hingga kurang lebih 30 menit agar aroma jeruk nipis meresap. Setelah 30 menit, bilas bebek dengan air bersih.

2. Haluskan bumbu-bumbu yang perlu dihaluskan lalu tumis dengan minyak secukupnya. Setelah harum, masukkan daun jeruk purut, lengkuas yang telah dimemarkan, dan gula pasir.

3. Setelah bumbu tersium bau wangi, masukkan potongan bebek. Aduk-aduk hingga bumbu terbalur dan meresap sempurna. Tuangi air secukupnya dan masak dengan api sedang hingga air mendidih. Setelah mendidih, kecilkan api dan biarkan hingga daging menjadi empuk. Apabila masih belum empuk, bisa ditambahkan air sesuai kebutuhan. Untuk memastikan bumbunya pas, cicipi dahulu. Tambahkan gula dan garam jika dirasa kurang.

4. Setelah bebek empuk, matikan kompornya. Diamkan satu jam agar bumbu meresap.

5. Setelah satu jam, panaskan minyak untuk menggoreng bebek tersebut. Goreng bebek hingga kering dan matang sempurna, tiriskan.

6. Sajikan bebek goreng bersama sambal korek.

 

Jika repot membuat bebek goreng sendiri, Anda bisa mampir ke Café 777 untuk mencicipi bebek goreng “Engkong” dengan resep yang terdahulu. Selain itu, di Café 777 juga terdapat ayam goreng serta menu makanan dan minuman favorit lainnya.

 
Sumber: www.iniresepnya.com