Mengapa Anda Tak Punya Motivasi Berolahraga?

Semua orang saat ini lebih biasa menjalani kehidupan yang tidak membutuhkan banyak gerak. Sebagai misal, di kantor banyak karyawan yang duduk selama 8 jam dan hanya berdiri ketika waktu istirahat tiba. Sebenarnya, kita harus senantiasa aktif jika ingin menurunkan berat badan dan tetap sehat. Nah, tentu saja kita butuh yang namanya motivasi agar mau bergerak. Dan berikut ini adalah cara meningkatkan motivasi Anda untuk berolahraga.

1. Terima kenyataan bahwa Anda harus berolahraga

Tak ada apapun yang bisa menggantikan olahraga, entah itu diet, pil diet, operasi, atau apapun. Agar Anda mudah menjalankan olahraga, ada baiknya Anda berdamai dengan kenyataan bahwa olahraga sifatnya wajib untuk kesehatan Anda. Kabar baiknya adalah olahraga ada berbagai macam jenisnya dan Anda bisa memilih mana yang paling Anda sukai. Olahraga tidak harus berada di gym dan tidak harus lama. Intinya bergerak dan menjadi aktif.

2. Pahami gaya hidup Anda

Di masa lalu, kita mungkin punya lebih banyak alasan untuk bergerak, entah itu memotong rumput, mencuci piring dan baju dengan tangan, atau berjalan kaki ke sekolah. Masalahnya, banyak hal telah berubah sekarang ini dan sebagain besar dari kita pasti tak akan bisa jauh dari laptop, TV, smartphone, atau kendaraan bermotor. Hal-hal ini membuat kita tidak bisa aktif. Nah, untuk itu Anda perlu memahami seperti apa gaya hidup Anda dan cari celahnya untuk memanfaatkannya dengan bergerak. Misalnya, Anda bisa menghilangkan satu peralatan elektronik dari rumah seperti mesin cuci dan mulai mencuci dengan tangan. Jika hal itu tak memungkinkan, mungkin Anda puny aide lain yang lebih cemerlang?

3. Buatlah agar olahraga menjadi sesuatu yang penting untuk Anda

Bagi banyak orang olahraga adalah suatu sarana untuk mencapai suatu tujuan yang ada titik akhirnya, misalnya menurunkan berat badan atau memiliki bentuk tubuh yang lebih baik dari sebelumnya. Goal di masa depan memang bagus, tapi yang lebih penting Anda harus punya yang lebih dari goal, yaitu tujuan. Dengan kata lain, olahraga harus mempunyai nilai, meskipun goal Anda tak tercapai. Misalnya, selain untuk menurunkan berat badan, Anda bisa coba mencari tahu apa sih manfaat lain dari olahraga, seperti bisa menghilangkan stres, meningkatkan energi, dan membuat hari lebih bersemangat.

4. Temukan cara olahraga yang menurut Anda tepat

Kebanyakan orang berpikir bahwa olahraga berarti harus ke gym. Namun, itu tidak benar. Jika Anda tak suka gym, Anda bisa melakukan jenis olahraga lain, seperti lari di lapangan, misalnya. Atau Anda juga bisa bermain tenis atau basket atau sepakbola. Jika Anda suka hal-hal yang sederhana, Anda bisa jalan-jalan kecil sepanjang hari atau Anda bisa berjalan lebih jauh ketika Anda di mall. Lakukan apapun untuk bergerak dan pilih yang paling Anda sukai.

 

 

 

Sumber: exercise.about.com

Leave a Reply