Manfaat Minum Teh untuk Kesehatan Anda

Ketika sedang makan di depot, seringkali kita memesan es teh untuk minuman. Es teh memang telah menjadi bagian yang sangat erat dengan masyarakat kita. Tak hanya dalam bentuk minuman dingin, teh juga sering dinikmati dalam bentuk minuman hangat atau panas, baik dengan atau tanpa gula.

Tahukah Anda bahwa teh favorit Anda memiliki banyak manfaat kesehatan? Berikut ini adalah beberapa manfaat teh yang bisa Anda dapatkan:

1. Menurunkan kolesterol

Berdasarkan penelitian, teh bisa menurunkan kolesterol. Teh diperkirakan mampu bekerja menghambat penyerapan kolesterol dari usus besar. Berbagai jenis teh tersedia dengan kemampuan yang berbeda-beda dalam hal menurunkan kadar kolesterol.

2. Menurunkan level kortisol

Kortisol adalah hormon stres yang memberikan kontribusi untuk lemak perut dan membuat kulit Anda menua dengan lebih cepat. Salah satu penelitian terbaru menyarankan empat cangkir teh per hari untuk menurunkan kadar kortisol, sehingga memperlambat proses penuaan dan mencegah pelebaran bagian tengah tubuh Anda.

3. Anti-inflamasi

Senyawa aktif dalam teh dapat membantu menurunkan tingkat peradangan dan reaksi inflamasi. Peradangan juga dapat menyebabkan tubuh Anda menyimpan air sehingga membengkak. Untuk mengempiskan tubuh Anda, konsumsilah teh secara teratur. Konsumsi teh hijau secara teratur juga bisa mencegah penyakit jantung.

4. Meningkatkan memori dan fokus

Penelitian mendalam telah menunjukkan bahwa kombinasi kafein dan L- Theanine, asim amino yang terjadi secara alamiah dan ditemukan dalam teh, mampu meningkatkan memori sekaligus fokus dan konsentrasi. Minumlah secangkir teh sebelum rapat misalnya, agar pikiran Anda tajam atau sebelum tes agar konsentrasi dan fokus Anda meningkat.

5. Mengurangi risiko stroke

Minum setidaknya tiga cangkir teh hijau atau hitam per hari mampu menurunkan 21 persen risiko stroke. Mulailah dari sekarang minum teh secara teratur.

 

Sumber: www.mindbodygreen.com