Khasiat dan Nutrisi Cumi-Cumi

Anda suka makan cumi-cumi? Memang makanan laut ini sangat enak dan menggiurkan. Apalagi jika ditambah dengan bumbu-bumbu yang sedap dan dimasak dengan cara yang tepat. Meskipun tidak baik jika dikonsumsi berlebih, cumi-cumi juga memiliki banyak nutrisi penting, seperti berikut ini.

1. Tembaga

Cumi-cumi mengandung tembaga yang cukup yang memenuhi 90% dari kebutuhan tubuh. Tembaga sangat penting untuk menyerap, menyimpan dan membantu metabolisme zat besi serta merangsang pembentukan sel darah merah.

2. Selenium

Cumi-cumi mengandung banyak selenium yang mampu mengurangi gejala arthritis dan mengendalikan kerusakan yang disebabkan oleh radikal bebas.

3. Protein

Protein yang ditemukan di cumi-cumi sangat bermanfaat bagi kesehatan fungsi tubuh manusia. Konsumsi cumi-cumi sangat dianjurkan untuk menjaga kesehatan kulit, otot, rambut dan kuku.

4. Vitamin B2 (riboflavin)

Cumi-cumi mengandung banyak sekali B2 (riboflavin) yang baik untuk mengurangi frekuensi dan durasi migrain. Penelitian menunjukkan bahwa suplemen riboflavin adalah obat yang baik untuk pencegahan migrain.

5. Fosfor

Sama halnya dengan ikan dan udang, cumi-cumi juga mengandung banyak fosfor yang diperlukan untuk merangsang kalsium dan membangun tulang dan gigi.

6. Vitamin B12

Sebagai sumber vitamin B12, cumi-cumi dikenal mampu menurunkan kadar homosistein dalam tubuh, yang jika tidak diturunkan dapat meningkatkan laju stroke dan serangan jantung.

7. Vitamin B3

Dengan pasokan vitamin B3-nya yang tinggi, cumi-cumi mampu membantu menstabilkan kadar gula dalam darah.

8. Seng

Cumi-cumi sangat kaya akan seng yang baik untuk memperkuat sistem kekebalan tubuh. Bagi yang menderita defisiensi seng, bisa banyak-banyak mengkonsumsi cumi-cumi untuk mencegah serangan organisme yang merusak tubuh.

 
Sumber: www.foodofy.com