Kaki Sakit Saat Pakai High Heels? Nggak Lagi!

Di tengah semakin maraknya fashion, high heels menjadi salah item yang wajib dimiliki oleh setiap wanita. Selain membuat anggun, high heels memang membuat pemakainya terlihat lebih tinggi dan ramping. Apakah Anda termasuk dari mereka para penyuka high heels? Jika ya, mungkin Anda termasuk yang sering mengeluhkan rasa sakit pada kaki setelah memakai high heels, khususnya yang haknya sangat tinggi. Pasti hal ini sangat menyebalkan.

Berikut ini adalah beberapa hal yang bisa Anda lakukan untuk menghindarkan rasa sakit saat mengenakan high heels.

1. Pastikan Anda mengenakan ukuran sepatu yang pas

Kesalahan terbesar yang dilakukan wanita adalah memilih sepatu dengan ukuran yang tepat untuk kaki mereka. Anda mengalami perubahan ukuran kaki selama bertahun-tahun, mungkin bisa sampai satu ukuran penuh. Untuk menghindari membeli atau memakai sepatu yang kekecilan, Anda harus mengukur ukuran kaki tiap tahunnya. Begitu juga ketika membeli sepatu, Anda harus mengukur lebar dan panjang kaki Anda.

2. Pahami jenis kaki Anda

Cobalah untuk memahami jenis kaki Anda, salah satunya adalah dengan cara mengujungi ahli penyakit kaki (podiatris). Namun, jika Anda tidak sempat ke podiatris, ada hal yang bisa Anda lakukan untuk mengecek apakah Anda mengidap flat foot, high-arch foot, atau jenis penyakit kaki lainnya. Basahi kaki Anda dan melangkahlah ke selembar kertas konstruksi. Hal ini akan membantu Anda melihat lengkungan kaki Anda, dan seberapa rata kaki Anda.

3. Semakin tebal heel sepatu Anda, semakin baik

Hindari heel tipis seperti stiletto. Heel yang tipis menyebabkan kaki Anda goyah. Kadang-kadang, gaun memang hanya akan tampil oke kalau dipadukan dengan stiletto. Anda memakainya sesekali tak apalah. Namun, untuk pemakaian sehari-hari, Anda harus mempertimbangkannya baik-baik.

4. Hindari sol tipis, memilih platform lebih bagus

Sol tipis akan selalu menghasilkan rasa sakit pada bagian bawah kaki Anda. Dengan sol tebal, atau bahkan mungkin platform, tekanan saat Anda berjalan akan terimbangi. Tekanan ini akan diserap dengan lebih baik jika sol terbuat dari karet.

5. Istirahat

Untuk sehari saja, jangan pakai high heel Anda sepanjang hari. Nikmati hari untuk meregangkan pergelangan kaki dan jari kaki.

6. Regangkan kaki Anda setelah Anda melepas sepatu Anda

Peregangan yang harus Anda lakukan adalah peregangan yang berfokus pada depan kaki dan pergelangan kaki, seperti menunjuk jari-jari kaki Anda ke bawah, dan menarik jari-jari kaki Anda dengan tali untuk meregangkan urat keting dan otot-otot betis. Dan kemudian sisi ke sisi untuk sampai ke punggung kaki dan bagian luar kaki.

Pilih sepatu dan footwear berkualitas hanya pilihan brainlisting untuk menghindari segala rasa sakit ketika mengenakan high heels.

 

Sumber: stylecaster.com