Cara Menyimpan dan Merawat Lembar Akrilik

Sebagai pengganti plastik yang serba guna, akrilik tentu harus disimpan dan dirawat dengan baik agar lebih tahan lama. Bagaimana caranya? Yuk, baca artikel ini sampai tuntas. Jika Anda pengguna lembar akrilik, tentu artikel ini akan sangat berguna.

 

Cara Menyimpan Lembar Akrilik

Jika Anda membeli lembaran akrilik untuk selanjutnya dibuat menjadi barang lain, perlu diketahui bahwa biasanya lembaran akrilik dilapisi dengan lapisan polietilen untuk melindungi akrilik dari kotoran dan kelembaban. Lapisan pelindung ini harus dibiarkan utuh selama penyimpanan untuk meminimalkan pelentingan pada akrilik. Lembaran akrilik harus disimpan secara vertikal atau di rak khusus di mana lembaran dapat bersandar pada sudut sekitar 10 derajat.

Jika Anda menyimpan lembaran akrilik dengan posisi horizontal, jangan biarkan lembaran melorot. Jangan biarkan kotoran mengendap di antara lembaran karena hal tersebut akan merusak kualitas akrilik. Jika berbagai ukuran ditumpuk secara horizontal, lembaran yang lebih besar harus ditempatkan di bagian bawah.

Lembar akrilik harus dijauhkan dari sumber panas karena panas bisa melenturkan atau merusak akrilik. Jangan menyimpan lembar dekat semprot bilik lukis atau jangan didekatkan dengan uap larutan lainnya.

 

Cara Membersihkan Akrilik

Cuci lembar akrilik dengan larutan sabun ringan atau deterjen dan air hangat. Gunakan kain lembut yang bersih. Oleskan cairan dengan tekanan ringan. Bilas dengan air bersih dan keringkan dengan menekan-nekan menggunakan kain lembab atau chamois.

Lemak, minyak, atau tar bisa dihapus dengan dari heksana, nafta alifatik, atau minyak tanah.

JANGAN GUNAKAN: semprotan pembersih jendela, senyawa dapur gosok atau pelarut seperti aseton, bensin, benzena, alkohol, karbon tetraklorida, atau lacquer thinner. Cairan-cairan tersebut dapat menggores permukaan lembar akrilik atau melemahkan lembaran yang akan menyebabkan retak pada permukaan.

 

Menghilangkan Debu pada Lembar Akrilik

Hilangkan debu menggunakan kain lembut, lembab atau chamois. Kain kering atau kasar dapat menyebabkan goresan permukaan dan menciptakan muatan listrik statis di permukaan.

 

Cara Memoles Lembar Akrilik

Anda bisa menjaga kilau lembaran akrilik dengan sesekali memoles menggunakan pembersih plastik yang baik. Oleskan bahan pembersih tipis-tipis dengan kain bersih yang lembut dan ringan kemudian poles dengan kain flannel. Kemudian bersihkan dengan kain basah untuk membantu menghilangkan muatan listrik statis yang dapat menarik partikel debu.

 
Sumber: www.redwoodplastics.com