Cara Makan Menggunakan Sumpit

Tradisi makan dengan sumpit berasal dari Asia Timur, entah itu China, Jepang, atau Korea. Sebenarnya, ada cara tersendiri lho untuk memegang sumpit sehingga makan pun bisa lebih nyaman dan efisien. Berikut ini adalah tips makan dengan menggunakan sumpit.

1. Ambil sumpit pertama dan letakkan di antara jari telunjuk dan pangkal ibu jari Anda

Sumpit pertama ini berfungsi sebagai jangkar, jadi tidak boleh bergerak. Kakukan tangan Anda agar bisa memegang dengan kuat. Letakkan ujung yang luas pada lekukan tangan yang menghubungkan jari telunjuk dan pangkal ibu jari Anda. Caranya mirip dengan cara memegang pulpen, hanya posisinya lebih ke bawah.

2. Pegang sumpit kedua dengan jari telunjuk dan ibu jari Anda

Stik kedua adalah stik yang bergerak. Tempatkan ibu jari Anda di atas sisi sumpit kedua sehingga bisa berada di atas yang pertama. Sesuaikan pegangan Anda ke posisi yang lebih nyaman. Pastikan ujung sumpit yang sempit bisa sejajar satu sama lain untuk mencegah posisi menyilang atau tidak bisa digunakan mengambil makanan. Untuk meratakannya, Anda bisa mengetukkannya di meja. Sumpit yang tidak rata akan sangat sulit digunakan.

3. Latihan buka tutup sumpit

Pastikan ujung luas sumpit tidak membentuk tanda ‘X’ karena akan sulit digunakan mengambil makanan. Pastikan juga hanya sumpit atas yang bergerak.

4. Mulailah mengambil makanan

Mengambil makanan dengan posisi tangan pada sudut 45o adalah yang paling mudah. Jika sudah ahli, bisa Anda angkat lagi. Jika terasa tak stabil, letakkan lagi. Anda bisa melatih dengan makanan yang berbeda-beda, mulai dari makanan bertekstur besar seperti sushi lalu yang bertekstur kecil seperti mi.

Memang banyak dari kita yang mengabaikan tata cara makan dengan sumpit ini. Namun, jika bisa melakukannya dengan baik dan benar, itu akan menunjukkan bahwa kita lebih menjaga sikap dan menghormati kebudayaan yang bersangkutan.

 

 

 

Sumber: www.wikihow.com