Beberapa Kesalahan Foto Wedding oleh Pemula

Memfoto pernikahan merupakan salah satu tugas terberat yang bagi fotografer. Dan Anda pun sebagai klien juga harus tahu bahwa ada beberapa hal yang seringkali dilakukan oleh fotografer untuk menghindari masalah ke depannya. Melihat portofolio dari fotografer tersebut akan membantu Anda untuk menentukan apakah fotografer tersebut tepat untuk Anda. Rekomendasi dari teman, saudara, atau kenalan Anda juga bisa membantu menentukan fotografer yang tepat.

Namun, ada kalanya Anda harus menggunakan fotografer pemula, entah karena fotografer tersebut adalah kenalan Anda atau karena harga yang ditawarkan memang lebih murah dibandingkan fotografer lain yang lebih profesional.

Berikut ini adalah beberapa kesalahan yang dibuat oleh fotografer pemula ketika membuat foto wedding:

1. Tidak berpengalaman

Banyak orang yang memiliki DSLR sering ditunjuk sebagai fotografer dadakan untuk suatu acar pernikahan. Yang harus Anda pahami adalah bahwa mungkin dia tidak memiliki pengalaman untuk foto wedding. Dan, bahkan fotografer yang ahli tapi dalam bidang lain (misal fotografi alam), akan butuh penyesuaian ketika harus melakukan foto pernikahan. Dan Anda harus siap jika mungkin hasilnya tidak terlalu menggembirakan.

2. Kurang atau terlalu banyak eskposur (overexposure atau underexposure)

Gaun putih pengantin memang adalah aspek yang yang paling penting dari suatu pernikahan. Sangat sulit untuk bisa memotret gaun dengan sempurna. Yang parah adalah jika fotografer melakukan foto overexposure sehingga gaun pengantin terlihat sangat putih sehingga mirip seragam dan tidak kelihatan detailnya atau underexposure sehingga baju pengantin tampak kotor dan terlihat abu-abu.

3. Background yang berantakan

Kebanyakan fotografer pernikahan profesional biasanya memeriksa baik-baik tempat yang digunakan untuk tempat pernikahan sebelum hari H sehingga mereka dapat mengidentifikasi lokasi yang sempurna untuk tempat pemotretan. Latar belakang yang bagus dan bersih dapat membuat perbedaan besar untuk hasil foto. Fotografer yang tidak profesional biasanya lupa melakukan hal ini.

4. Mempelai pengantin menyipitkan mata karena cahaya matahari

Fotografer yang tidak profesional, biasanya juga tidak mempertimbangkan tentang ini. Padahal, seharusnya, ketika melakukan identifikasi background, harus dipertimbangkan juga apakah cahaya matahari akan mengenai mempelai pengantin. Jika tidak, foto Anda nanti hasilnya tak akan maksimal karena mata Anda menyipit menahan silaunya matahari.

5. Tak ada kontak mata

Fotografer pemula biasanya tidak paham akan kebahagiaan kedua pasangan. Hasilnya, gambar tidak memiliki kedekatan. Hasil gambarnya mungkin bagus tapi tidak ada kontak mata. Dan ini memberi kesan dingin dan keindahan serta kesyahduan pernikahan tidak akan tersampaikan.

Kalau Anda ingin menghindari kesalahan-kesalahan ini, ada baiknya Anda menyewa fotografer profesional pilihan Indo Creation.

 

 

Sumber: www.digitalcameraworld.com

Leave a Reply