9 Kesalahan Penganggaran Pernikahan yang Harus Anda Hindari

Salah satu bagian paling sulit dari perencanaan pernikahan adalah menetapkan anggaran. Ada banyak inspirasi pernikahan yang tersedia di luar sana dan mungkin Anda tergoda untuk menggunakan ini dan itu sehingga anggaran Anda membengkak. Berikut ini adalah beberapa kesalahan penganggaran pernikahan yang sebisa mungkin harus Anda hindari.

1. Membooking vendor sebelum membuat anggaran

Anda tidak boleh mem-booking vendor apapun jika Anda belum membuat anggaran pernikahan Anda karena jika Anda belum tahu pasti berapa banyak anggaran Anda bisa-bisa malah vendor tersebut tidak sesuai dengan anggaran Anda nantinya.

2. Mengundang setiap orang yang pernah Anda temui

Mengundang terlalu banyak tamu akan sangat mempengaruhi anggaran Anda. Untuk setiap tamu yang Anda undang ke pernikahan Anda, Anda akan menambah biaya keseluruhan secara eksponensial. Setiap undangan akan menambah satu kursi, satu undangan, satu set piring, makanan, souvenir, dll. Dan untuk setiap 8-10 tamu Anda harus menambah meja, kain penutup meja, hiasan meja, dan masih banyak lagi. Pastikan Anda tak mengundang terlalu banyak tamu.

3. Membeli souvenir dekoratif yang sangat mahal

Banyak souvenir dekoratif yang harganya mahal tapi tidak bisa dimanfaatkan. Lebih baik gunakan souvenir yang sederhana tapi bermanfaat dan harganya juga jauh lebih terjangkau.

4. Membeli gaun pernikahan yang sangat mahal

Tidak ada alasan untuk menghabiskan uang membeli gaun pernikahan super mahal yang hanya akan Anda kenakan sekali seumur hidup. Jika memang Anda suka dengan desainer tertentu, pertimbangankan untuk membeli gaun seken. Membeli di toko lokal juga bisa jauh lebih murah. Dan lebih baik lagi jika Anda menyewa.

5. Tidak menyisihkan dana cadangan untuk kebutuhan darurat

Sangat penting bagi Anda untuk menyisihkan dana cadangan untuk biaya yang membengkak, meliputi biaya pengiriman, biaya tambahan, pemotongan kue, pajak, dll.

6. Mengirim undangan yang terlalu berat atau terlalu lebar

Jika undangan Anda terlalu berat atau terlalu lebar, dipastikan ongkos kirimnya akan bertambah. Sebaiknya Anda memilih undangan pernikahan tradisional yang lebih ringan dan sederhana sehingga Anda tak perlu membayar ongkos kirim tambahan.

7. Menggunakan bunga yang tidak musim atau jarang ada

Anda menyukai bunga tertentu untuk buket atau hiasan karena ingin tampil beda. Tapi jika bunga tersebut tidak sedang musimnya, atau jika bukan bunga lokal dan jarang ada, maka harganya pasti akan membengkak. Pilihlah bunga-bungaan yang sedang musim agar biaya bisa ditekan.

8. Tidak menganggarkan untuk rencana backup

Misal Anda merencanakan pesta outdoor, pastikan Anda telah menganggarkan juga untuk rencana backup apabila cuaca menjadi tidak mendukung. Dalam situasi seperti ini, tentu Anda butuh gedung cadangan atau peralatan penutup yang menunjang sehingga pesta tetap bisa berlangsung.

9. Membooking di akhir pekan pada musim puncak pernikahan

Ada bulan-bulan tertentu dalam setahun yang menjadi musim puncak pernikahan. Memesan vendor pada musim itu, apalagi pada akhir pekan, dijamin akan sangat mahal. Jika bisa, booking-lah di off-season untuk menghemat anggaran Anda.

 

 

Sumber: weddings.about.com

Leave a Reply