7 Macam Mie Terpopuler dari Asia

Sebagai salah satu negara Asia, mie memang telah menjadi bagian dari kuliner nusantara. Di manapun, sebagai pengganti nasi, atau bahkan mungkin dimakan bersama nasi, orang Indonesia akan memilih mie, entah itu mie goreng yang dijual di restoran atau pinggir jalan, mie instan, mie pangsit, atau jenis mie lainnya. Yang jelas, Indonesia juga sangat suka dengan mie dari daerah Asia.

Meskipun, di negara Barat juga ada mie, tapi Asia memiliki mie tersendiri. Mau tau apa saja jenis-jenis mie di Asia? Check this out!

1. Mie Soba

Mie Soba berasal dari Jepang, secara tradisional dimakan pada malam tahun baru sebagai simbol umur panjang. Mie ini terbuat dari tepung soba. Rasanya pedas dan teksturnya sedikit kenyal. Mie ini biasanya disajikan dalam kuah ataupun salad mie.

2. Mie Udon

Mie udon adalah mie Jepang yang paling tebal, terbuat dari tepung terigu, garam, dan air. Untuk mendapatkan tekstur kenyal dari mie, tak jarang pembuat udon harus menguleni adonan udon yang kaku dengan kaki mereka. Mie ini paling sering disajikan dalam sup berkaldu, umumnya dibumbui dengan mirin dan kecap.

3. Mie Ramen

Mie ramen memang tersedia dalam bentuk instan, tapi yang dibahas di sini adalah yang segar. Mie ramen segar terasa kenyal ketika digigit. Mi ini terbuat dari tepung terigu, telur, dan garam. Ada banyak jenis mie ramen, mulai dari yang bergelombang hingga lurus, dari yang tipis ke tebal, dan masih banyak lagi. Meskipun hidangan ini berasal dari Cina, mie ini menjadi populer di Jepang pada akhir 1800-an dan sekarang bisa ditemukan dimapun di Jepang.

4. Mie Sohun

Sohun adalah mi yang memiliki tekstur tembus pandang. Mie ini terbuat dari kacang hijau, ubi, atau pati kentang, yang berarti mie ini alami dan bebas gluten. Mie ini cukup serbaguna dan digunakan dalam berbagai masakan Asia Timur, termasuk Korea, Thailand, dan Vietnam.

5. Mie Bihun

Mie yang digunakan dalam pho Vietnam ini juga umum digunakan di Cina, Thailand, dan Malaysia. Terbuat dari beras dan air, mie ini alami dan bebas gluten. Mie ini tersedia dalam bentuk kering dan basah.

6. Lo Mein

Kata ‘Lo Mein’ berasal dari istilah Kanton yang artinya mi yang diaduk atau dilempar. dengan kepercayaan populer, mie gandum ini tidak digoreng dengan diaduk-aduk, tapi dilempar bersama saus setelah direbus. Mie ini biasanya dicampur dengan daging, seafood, atau sayuran.

7. Mie Wonton

Mie China ini berwarna kuning dan bertekstur kenyal karena penambahan telur dalam adonan. Mie ini cocok untuk makanan seperti kari dan makanan bersaus lainnya.

 

Rasakan mie yang enak hanya di restoran rekomendasi brainlisting.

 

Sumber: blog.blueapron.com