6 Tips Menghemat Biaya untuk Bunga Pernikahan Anda

Salah satu bagian kecil dari pernikahan yang tak bisa disepelekan karena bisa membengkakkan anggaran adalah bunga, baik untuk buket pengantin, buket pengiring pengantin, serta dekorasi untuk upacara dan resepsi. Kalau tidak dipikirkan masak-masak, Anda bisa habis uang banyak. Berikut ini adalah tips menghemat anggaran untuk bunga di pernikahan Anda.

1. Pilihlah bunga yang sedang musim

Ini mungkin adalah hal paling sederhana yang bisa Anda lakukan untuk mengurangi biaya bunga pernikahan Anda. Bunga lokal yang sedang musim akan jauh lebih murah daripada bunga yang sedang tidak musim. Supply dan demand berlaku di sini! Anda mungkin menginginkan bunga seperti di pernikahan para artis. Toko bunga yang baik akan menyarankan alternatif bunga untuk membantu Anda menciptakan tampilan mirip dengan bunga tersebut dengan harga yang lebih terjangkau.

2. Pilihlah bebungaan yang kecil

Karangan bunga pernikahan yang besar tentu mengagumkan. Tapi hal ini bisa jadi sangat mahal. Memang sih tergantung dari bunga yang Anda pilih. Tapi seandaianya Anda memakai bunga murah dan bentuk yang kecil, bukannya akan jauh lebih murah? Bahkan beberapa pengantin terlihat hanya membawa satu tangkai bunga yang mekar dan tetap tampil manis.

3. Gunakan tanaman herbal, sayur, atau buah dan bukan bunga

Alih-alih menggunakan bunga, mengapa tidak membuat buket yang terbuat dari tanaman herbal, sayurm atau buah? Selain tampil beda, bahan-bahan tersebut masih bisa dimanfaatkan seusai pesta kan? Dan, jika Anda menggunakan bahan-bahan yang sedang musim, pasti semua akan jadi lebih dan lebih hemat.

4. Jangan gunakan bunga di tengah meja

Yang normal dijadikan hiasan tengah meja (centerpiece) memang bunga. Tapi hal ini bukan hal wajib. Anda bisa menggunakan hiasan lain dan ini tentu akan memotong pengeluaran Anda untuk membeli bunga.

5. Buat bunga menjadi multifungsi

Jika Anda benar-benar tidak bisa membayangkan resepsi pernikahan Anda tanpa centerpiece bunga, tapi anggaran Anda ketat, Anda harus kreatif. Karangan bunga yang Anda dan pengiring pengantin bawa saat upacara pernikahan bisa dialihfungsikan menjadi centerpiece pada acara resepsi. Anda cukup menambahkan vas bunga atau mason jar, dan taadaa…. Jadilah centerpiece bunga idaman Anda.

6. Adakan upacara pernikahan di luar ruangan dengan bunga-bunga alami

Jika tempat pernikahan Anda sudah memiliki banyak bunga, tanaman hijau, atau pemandangan yang indah, Anda mungkin tidak perlu menghiasi dengan bunga-bunga lagi. Anda cukup mempersiapkan buket saja dan tak perlu pusing soal dekorasi.

 
Sumber: www.weddingpartyapp.com

Leave a Reply