6 Cara Menghilangkan Lemak Perut

Berikut ini adalah beberapa tips olahraga yang akan membantu Anda menghilangkan lemak di perut yang mengganggu kepercayaan diri Anda.

1. Angkat beban

Beberapa orang masih yakin bahwa olahraga perut bisa menghilangkan lemak perut. Namun, penelitian membuktikan bahwa tubuh tidak bekerja dengan cara tersebut. Bukan berarti Anda memfokuskan olahraga pada perut lantas lemak perut yang akan terbakar. Justru, sebuah penelitian membuktikan bahwa perempuan yang melakukan angkat beban bisa membakar 3 kali lebih banyak lemak perut selama 16 minggu.

2. Diet dan olahraga

Orang yang gagal menghilangkan lemak perut terbagi menjadi dua bagian: orang yang diet untuk menghilangkan lemak perut dan orang yang olahraga untuk menghilangkan lemak perut. Jika Anda ingin mentargetkan lemak perut, Anda akan harus melakukan keduanya. Olahraga bisa membakar kalori dan memperbaiki metabolisme, sementara diet sehat rendah kalori semakin mengusir lemak perut menjauhi tubuh Anda.

3. Olahraga sebanyak mungkin

Tidak diragukan bahwa berapapun jumlah latihan yang Anda kerjakan akan mampu menyingkirkan lemak perut. Namun, jika Anda semakin lama melakukan olahraga, lemak perut yang dibakar juga akan semakin banyak. Dalam satu studi, peneliti mengukur lemak perut pada orang yang latihan dengan intensitas berbeda. Kelompok yang paling sering latihan (sekitar 200 menit seminggu) dan pada intensitas tertinggi (80 sampai 95% dari denyut jantung) mampu membakar lemak perut.

4. Interval training

Interval training sangat bagus untuk membakar kalori dan membangun daya tahan, serta mampu membakar lebih banyak lemak perut. Dalam sebuah penelitian, peneliti membandingkan interval training dengan olahraga steady state dan menemukan bahwa orang yang melakukan interval training membakar lebih banyak lemak perut. Ini tidak berarti bahwa Anda tidak perlu lagi melakukan olahraga steady state lho.

5. Latihan kekuatan dan cardio

Sebuah studi menegaskan hal ini dengan melakuka penelitian pada orang-orang yang melakukan melakukan tiga hari pelatihan kekuatan dan tiga hari cardio selama seminggu. Ketika membandingkan kelompok ini dengan kelompok yang hanya melakukan cardio, peneliti menemukan bahwa kelompok gabungan mampu membakar lebih banyak lemak perut dan meningkatkan jaringan otot mereka.

6. Makan biji-bijian

Biji-bijian adalah sumber serat dan terbukti membantu mengurangi risiko penyakit kardiovaskular. Selain itu, biji-bijian juga dapat membantu mengurangi lemak di sekitar perut. Penelitian membuktikan peserta studi yang memakan biji-bijian mampu membakar lebih banyak lemak perut daripada mereka yang tidak memakannya.

 

 
Sumber: exercise.about.com

Leave a Reply