6 Cara Agar Olahraga Menyenangkan

Untuk sebagian orang, kata ‘olahraga’ mungkin identik dengan ‘penyiksaan’. Sayangnya, kebanyakan orang dewasa kurang aktif bergerak sehingga olahraga sangatlah dibutuhkan untuk mendapatkan tubuh yang sehat. Kabar baiknya, olahraga bisa juga dibuat menyenangkan, tanpa mengurangi manfaatnya bagi kesehatan.

Tips berikut akan membantu Anda merasa senang saat berolahraga.

1. Pikirkan olahraga di luar gym

Jika Anda tak suka sepeda statis atau treadmill, ada banyak cara lain yang bisa Anda lakukan untuk tetap aktif. Pikirkan suatu aktivitas yang Anda sukai, dan temukan cara agar hal tersebut bisa lebih menantang secara fisik. Jika Anda menikmati olahraga tim, mungkin Anda bisa bermain basket atau sepakbola. Jika Anda suka dance, Anda bisa mengambil kelas fitness berbasis dance. Beberapa kegiatan lain yang menyenangkan tapi mampu membakar kalori antara lain kayak, ski, hiking, berkebun, bersepeda, dll.

2. Gabungkan olahraga

Ketika latihan rutin Anda sudah mulai membosankan, itu artinya Anda harus memasukkan sesuatu yang baru. Karena di Indonesia memiliki dua musim, maka manfaatkanlah. Pada musim penghujan, Anda tak perlu lari atau bersepeda karena mungkin akan kehujanan. Untuk tetap aktif, Anda bisa berenang, mencoba fitness dengan video yang baru Anda beli, atau apapun yang bisa Anda lakukan di dalam ruangan. Menggabungkan berbagai latihan akan menghindarkan Anda dari cedera berlebihan, membutuhkan tubuh Anda untuk beradaptasi dan menjadi lebih kuat, dan membuat pikiran Anda aktif.

3. Ajak teman

Berolahraga dengan teman atau kelompok bisa menyenangkan dan membuat Anda lebih termotivasi. Anda bisa berlari lebih panjang ketika ada teman di sekitar Anda. Beberapa latihan, seperti angkat berat, juga lebih aman jika ada teman di dekat Anda. Kelas fitness atau senam juga menyenangkan karena berisi orang-orang yang selalu baru, tergantung pada instruktur dan orang-orang yang menghadiri.

4. Tambahkan musik

Lagu favorit yang Anda dengarkan akan membuat Anda tak terlalu kelelahan. Musik upbeat juga dapat membantu Anda mengurangi waktu istirahat selama angkat berat.

5. Tentukan tujuan

Kadang-kadang, berolahraga demi untuk berolahraga itu tidak cukup. Tetapkanlah tujuan: entah itu untuk menurunkan berat badan, agar tubuh Anda bisa masuk ke celana yang Anda pakai waktu kuliah, atau Anda ingin menyelesaikan marathon 5K pertama Anda. Memiliki tujuan dapat membantu Anda tetap fokus, dan mencapai tujuan Anda akan membantu Anda merasa percaya diri dan berprestasi.

6. Istirahatlah

Jika Anda olahraga terlalu keras, tubuh Anda akan memberi tahu Anda. Ketika Anda sudah mulai kelelahan secara fisik dan mental, saatnya untuk mundur dan bersantai. Cobalah untuk melakukan olahraga yang tidak terlalu berat, seperti berjalan dengan hewan peliharan, bersepeda, yoga santai, atau tidak sama sekali. Luangkan waktu untuk berpikir tentang tujuan Anda, kemudian mulai olahraga lagi ketika Anda merasa sudah cukup beristirahat.

 
Sumber: familyshare.com