5 Olahraga yang Tak Membuat Anda Berkeringat

Banyak kegiatan olahraga yang membuat kita berkeringat. Namun, beberapa orang memang tak begitu suka dengan keringat. Nah, jika Anda termasuk kategori orang seperti itu, ada baiknya Anda mencoba beberapa pilihan olahraga yang tak menghasilkan keringat berikut ini.

1. Mat Pilates

Latihan Pilates, yang didasarkan pada tari, yoga, senam dan kalistenik, dirancang untuk menguatkan bagian tengah tubuh, memperpanjang tubuh dan memperbaiki postur tubuh. Bentuk latihan melibatkan ini melibatkan sedikit cardio atau bahkan tak ada cardio sama sekali. Namun, olahraga ini lebih menggunakan gerakan yang mentargetkan pada perut, punggung dan kekuatan tubuh bagian tengah secara keseluruhan. Dengan Pilates Anda tidak akan berkeringat tapi Anda akan merasakan rasa sakit ketika melakukan beberapa gerakan seperti The Hundred, Double Leg Stretch dan latihan menantang lainnya yang menggabungkan pernafasan terfokus dengan latihan bagian tengah tubuh yang keras.

2. Olahraga Air

Jika Anda benci keringat, olahraga air sangatlah mengagumkan karena meskipun Anda berkeringat, Anda tak akan menyadarinya. Berenang bisa jadi pilihan karena olahraga ini bisa menggerakkan seluruh tubuh dengan hanya sedikit dampak pada sendi, sehingga sangat cocok untuk orang-orang yang ingin menurunkan berat badan dengan jumlah yang signifikan atau mereka yang mengalami cedera atau arthritis.

3. Jalan kaki

Apa sih olahraga yang lebih mudah daripada jalan kaki, entah itu di luar ruangan, dalam ruangan, atau treadmill? Penelitian menunjukkan bahwa berjalan kaki dapat meringankan berbagai masalah kesehatan, antara lain mengurangi risiko serangan jantung, menurunkan berat badan, mengontrol tekanan darah, memperpanjang masa hidup dan mengurangi risiko kanker payudara. Dan yang jelas Anda tak akan terlalu berkeringat hanya dengan berjalan kaki saja.

4. Membersihkan rumah

Melakukan tugas-tugas rumah tangga pasti terasa seperti sebuah pekerjaan. Tapi apa Anda tahu bahwa kegiatan ini bisa dianggap sebagai sebuah olahraga juga? Pekerjaan rumah yang ringan seperti membersihkan debu-debu, membuang sampah, dan mengatur perabot dapat membakar 170 kalori per jam untuk orang dengan berat 68 kg. Pekerjaan rumah tangga yang lebih berat seperti menyapu lantai, mencuci jendela, menggosok lantai dan membersihkan garasi dapat membakar lebih dari 250 kalori per jam. Dan Anda pun tak perlu banyak berkeringat untuk melakukannya.

5. Tai Chi

Tai Chi adalah aktivitas meditasi yang sangat lembut dan berakar dari ilmu bela diri. Satu sesi 30 menit dari Tai Chi dapat membakar 84 kalori untuk pria atau wanita berbobot 68 kg. Latihan Cina kuno ini menggabungkan keseimbangan, koordinasi dan peregangan, yang baik untuk kesehatan Anda. Tanpa keringat pula!

 

 

Sumber: www.sparkpeople.com

Leave a Reply