11 Tips Memilih Cincin Pernikahan

Bagi sebagian orang, memilih cincin pernikahan bisa sangat memusingkan dan melelahkan. Namun, dengan mengikuti panduan memilih cincin pernikahan berikut, Anda bisa mendapatkan cincin pernikahan Anda dengan cepat dan mudah, tanpa ribet.

1. Persempit pilihan Anda

Buatlah pilihan awal sebelum Anda mengunjungi toko cincin. Warna cincin apa yang Anda dan pasangan inginkan: kuning, putih, rose-gold? Apakah cincin ini sederhana atau dengan hiasan di atasnya?

2. Mulailah pencarian lebih awal

Setelah Anda memiliki gagasan dasar dari apa yang Anda inginkan, Anda bisa mengunjungi toko cincin yang Anda inginkan. Luangkan waktu dua bulan untuk mencari, meneliti, membandingkan harga, dan mengunjungi kembali cincin yang menarik perhatian Anda. Luangkan lebih banyak waktu jika Anda ingin cincin yang dikustomisasi.

3. Jangan takut dengan pilihan yang berbeda

Jangan khawatir jika Anda suka platinum sementara dia suka emas kuning. Atau jika tidak mau memakai emas karena alasan agama. Pilihlah cincin yang menunjukkan gaya dan selera masing-masing.

4. Atur anggaran

Cincin emas putih akan lebih mahal dari cincin emas. Apalagi ditambah dengan berlian. Perhitungkan semuanya sebelum membeli. Dan jangan lupa, bandingkan harga sebelum memutuskan membeli di suatu tempat.

5. Pilih yang praktis

Untuk apa membeli cincin yang indah tapi tidak nyaman dipakai dan ada risiko lebih besar untuk hilang karena harus dicopot-pakai? Pilihlah cincin yang praktis yang bisa dipakai setiap saat.

6. Pikirkan jangka panjang

Mengikuti tren memang sah. Tapi, pastikan gaya yang Anda pilih adalah sesuatu yang masih bisa terlihat oke hingga 20 tahun ke depan.

7. Pilih ukuran yang tepat

Kebanyakan orang tidak mencopot cincin pernikahan mereka. Mereka memakainya sepanjang musim panas, musim dingin, olahraga, kehamilan. Untuk menemukan ukuran yang terbaik yang bisa mengakomodasi pembengkakan jari Anda, lakukan fitting ketika Anda sedang tenang dan suhu tubuh Anda normal. Jangan melakukan fitting di pagi hari, khususnya ketika baru selesai olahraga.

8. Periksa kualitas

Pastikan bagian dalam cincin kawin berisi dua tanda: merek dagang pabrik dan tanda kualitas. Jika cincin terdiri dari dua atau lebih logam, pastikan ada tanda kualitas untuk setiap jenis logam.

9. Bersihkan cincin secara rutin

Untuk cincin tanpa batu, gosok lembut dengan kain bersih. Jika cincin pernikahan Anda memiliki batu, cuci dan rendam air sabun hangat, dan sikat lembut dengan sikat gigi lembut atau sikat alis. Kemudian bilas dan keringkan dengan kain lembut, bebas serat.

10. Lindungi investasi Anda

Semua logam itu rentan, termasuk platina. Hindari mengenakan cincin saat melakukan pekerjaan kasar atau olahraga atau ketika mencuci dengan pemutih atau berenang di kolam berklorin. Memang goresan bisa diperbaiki di toko perhiasan, tapi menjaganya dengan baik akan menghemat pengeluaran Anda nantinya.

11. Simpan dengan aman

Kehilangan cincin sangat mudah terjadi. Ketika Anda harus melepas cincin Anda, letakkan di tempan yang aman dan mudah diingat. Jangan pernah taruh di dekat wastafel. Saat Anda jaub dari rumah, sangat berbahaya melepas cincin karena rawan lupa atau hilang.

 
Sumber: www.theknot.com

Leave a Reply